STICKER

Cara Belajar Photoshop Tepat dan Efektif

Belajar photoshop seperti yang saya ketahui sangat kompleks. Dikarenakan, untuk memperoleh hasil yang maksimal, saya harus mengetahui cara belajar photoshop yang cepat dan efektif. Tapi ini tidak berarti bahwa mengenal petunjuk-petunjuk Belajar Adobe Photoshop ini akan sendirinya menjamin sukses anda. Dikarenakan sukses hanya tercapai berkat usaha yang keras dan tanpa usaha tersebut bukan mustahil tak akan tercapai tujuan Belajar Adobe Photoshop CS3 anda itu.

Hasil yang baik akan anda dapatkan, jika se-sering mungkin mem-praktek-an langsung didepan komputer apa yang telah anda pelajari. Agar lebih memotivasi diri Anda belajar, Anda harus mempunyai suatu tujuan belajar yang hendak dicapai. Tujuan-tujuan tersebut dapat berjangka pendek ataupun jangka panjang. Salah satu tujuan jangka pendek dalam belajar adobe potosop photoshop adalah belajar secukupnya agar dapat membuat kartu ucapan lebaran atau mungkin membuat sebuah tulisan cantik pada adobe photosop CS seperti yang pernah saya posting. Sedangkan tujuan jangka panjang bisa berupa menjadi seorang yang handal desain grafis, atau berkeinginan mendapat pekerjaan di berbagai instansi seni ataupun pemerintahan.

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar ini terbentuk dari lingkungan dan kebiasaan anda sehari-hari. Jika anda mengenal gaya belajar adob photosop anda, maka anda bisa memilih strategi belajar yang efektif, yang disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing. Belajar photoshop dengan penuh konsentrasi tidak merusak, yang merusak ialah menggunakan waktu tidur untuk belajar. Mengurangi waktu istirahat pada akhirnya akan merusak badan. Belajar berlebihan dengan cara ini tidak efisien dikarenakan manusia perlu tidur idealnya 7 jam. Belajar sungguh-sunguh selama 4 - 8 jam sehari dengan teratur cukup untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Lalu bagaimana cara belajar tutorial photoshop dari buku? sebelum kita membaca buku tentang Belajar Adobe Photoshop CS2 misalnya, atau buku-buku tentang Belajar Adobe Photoshop CS (Adobe generasi sebelumnya). Coba pahami terlebih dahulu gambaran tentang garis besarnya. Anda dapat melakukan serta menyelidiki daftar isi. Bila anda dihadapkan pada bab tertentu, coba dapatkan gambaran tentang isi bab buku belajar tutorial photoshop itu, dimana dalam garis besarnya biasanya terdapat pada judul, atau kepala bagian-bagiannya. Kadang kita harus menggunakan daftar indeks atau register, bila kita ingin membaca suatu bagian tertentu mengenai suatu masalah.

Hal yang perlu diperhatikan dalam belajar photoshop cepat dan efektif adalah bagaimana me-manage waktu belajar. Menghasilkan sesuatu (website, brosur, koran dan majalah = output belajar photoshop) hanya mungkin jika kita menggunakan waktu yang efisien. Waktu yang hilang dan telah lewat takkan kembali lagi. Coba anda hitung berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia tanpa digunakan untuk pelajaran atau pekerjaan. Menggunakan waktu tidak berarti belajar photoshop dan bekerja menimba ilmu sampai habis tenaga, melainkan mencari ilmu sungguh-sungguh. Belajar sungguh sungguh tentang Tutorial Photoshop Free bukan berarti diburu-buru oleh waktu, melainkan belajar tenang, teliti dan dengan penuh konsentrasi. Photoshop tutorials adalah jangan bereksperiment lebih dari dua contoh. misalnya langkah membuat tulisan luna maya hot di phothoshop CS atau membuat efek pinggiran melengkung di phothosop 8, hindari melakukan pekerjaan secara serempak, lakukan step by step tidak ada yang instant (kalo mie instant banyak di warung sebelah) Betul tidak?

Asal ada kemauan disitu pasti ada jalan, begitu kata pepatah. Setelah mengetahui prinsip belajar adobe potosop yang efektif (yang juga bisa kita terapkan untuk belajar program yan lain seperti belajar corel dan belajar tutorial autocad, ataupun belajar web site blog), serta bagaimana mengenal gaya belajar anda masing-masing, langkah berikutnya adalah menumbuhkan kemauan untuk belajar dan menerapkan strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajar anda. Maka, belajar jadi lebih mudah nantinya, dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Good luck! dan sukses selalu untuk anda.

42 comments

1 comment :

  1. keren gan, jdi pngen nyobain nih, hehehe
    sukses slalu ya bwt artikel, smoga brmanfaat bwt smua'a :)

    ReplyDelete

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Kippy. Sampaikan pendapat anda tentang posting ini, dan Tentang Kippy. Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukaran link.